Jumat, 28 Agustus 2015

Software komputer



Perangkat lunak memerlukan waktu yang sangat panjang saat awal sekali diciptakan sehingga melibatkan berates-ratus orang untuk menciptakannya. Perkembangan perangkat lunak berevolusi pada era-era tertentu, sebagai berikut :
a.       Era pioneer
Pada  awalnya perangkat lunak berupa sambungan-sambungan kabel ke antarbagian dalam computer. Pada era ini, perangkat lunak merupakan satu-kesatuan dengan perangkat kerasnya. Penggunaan computer ini dilakukan secara langsung dan hasil pekerjaannya berupa print out.

b.      Era stabil
Penggunaan computer lebih sering diminati orang. Pada era ini, baris-baris perintah pada perangkat lunak tidak lagi digunakan secara satu persatu, melainkan dilakukan secara sekaligus, cepat dan langsung.

c.       Era mikro
Perangkat lunak ini digunakan secara langsung oleh penggunanya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.

d.      Era modern
Perangkat lunak era modern ini sudah terdapat dimanapun. Peramgakt lunak bukan hanya terdapat pada sebuah supercomputer dengan 25 prosessornya, bahkan sebuah computer  genggam telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkrnkan dengan PC.

A.    Fungsi perangkat lunak
Adapun fungsi perangkat lunak computer yaitu sebagai berikut :
1.      Mengidentifikasi program
2.      Mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien
3.      Menyiapkan aplikasi program sehingga tata kerja seluruh perangkat computer menjadi terkontrol.
Perangkat lunak mempunyai 2 fungsi yaitu perangkat lunak system dan perangkat lunak aplikasi yang diuraikan sebagai berikut :

1)      Perangkat lunak system
Perangkat lunak system adalah perangkat lunak yang berhubungan dengan komponen perangkat keras computer, perawatan dan pemogramannya secara langsung. Perangkat lunak system dibedakan menjadi 2 yaitu :

a)      System operasi
Perangkat lunak system adalah perangkat lunak yang berhubungan dengan komponen-komponen perangkat keras serta operasi-operasi dasar system, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi. System operasi yang digunakan sekarang sbb :
1.      DOS (Disk operating system)
2.      Windows
3.      MACINTOSA/MAC OS
4.      NOVELLNET WARE
5.      BeOS
6.      OS/2
7.      PALM OS
8.      UNIX
9.      LINUX

b)     Bahasa pemograman
Bahasa pemograman adalah intruksi dan aturan dalam bentuk kode-kode yang diberikan pada computer untuk melaksanakan tugas. Berdasarkan pemograman dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu sebagai berikut :
1.      Bahasa pemograman tingkat rendah yaitu bahasa pemograman generasi awal yang sulit dimengerti bahasanya.
2.      Bahasa pemograman tingkat menengah yaitu bahasa yang intruksinya hamper mendekati bahasa sehari-hari. Akan tetapi, sebagian masih sulit dimengerti bahasanya karena menggunakan singkatan.
3.      Program utility adalah perangkat lunak untuk melengkapi kinerja system operasi dan meningkatkan kinerja computer.

2)      Perangkat lunak aplikasi
Perangkat lunak aplikasi adalah program computer yang digunakan untuk melakukan tugas tertentu secara spesifik, misalnya mengetik naskah, menghitung data, menggambar desain, hiburan, dll. Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak, sbb :
a)      Perangkat lunak pengolah kata
Pengolah kata ini adalah program aplikasi yang berhubungan dengan naskah dan berbagai macam administrasi surat-menyurat. Beberapa pengolah kata yang digunakan, antara lain sbb :
1.      Lotus Word.Pro
2.      Corel WordPerfect
3.      StarOffice Writer
4.      OpenOffice Writer
5.      Microsoft Word

b)      Perangkat lunak pengolah angka
Computer berfungsi juga untuk mengolah angka dan telah dikemabngakan hingga saat ini. Berikut merupakan beberapa jenis software pengolah angka, sbb :
1.      KSpread
2.      StarOffice Cacl
3.      OpenOffice Cacl
4.      GNumeric
5.      Abacus
6.      XESS
7.      Lotus 1-2-3
8.      Micrososft Excel

c)      Software presentasi
Presentasi sering digunakan pada seminar-seminar dikantor maupun ruang kelas. Perangakt lunak tersebut dinamakan software presentasi. Berikut merupakan beberapa jenis perangkat lunak presentasi, sbb :
1. StarOffice Impress
2.OpenOffice Impress
3. KPresenter
4. Microsoft PowerPoint
 Program Bantu (Utility), yaitu perangkat lunak yang ditujukan untuk melengkapi kinerja sistem operasi dan komputer. Contohnya Antivirus, Norton utility, dan Ccleaner.

Sumber :  https://marceliamaze.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar